Kamis, 26 Januari 2012

Detective, Tantei, Detektif... :/


Sebenarnya gw mau nulis tentang Bass lagi, Cuma data gw belum lengkap, jadi kali ini gw mau ngebahas tentang sebuah profesi yang berhubungan erat dengan kepolisian, namun tokoh2 ini hanya ada di dunia khayal saja….

DETEKTIF, yah… dari pekerjaan ini muncul tokoh2 imajinasi yang begitu lekat dan sangat tidak asing lagi bagi hidup kita…

Ada beberapa nama yang akhirnya menjadi tokoh idola banyak orang walaupun hanya sebatas tokoh imajinasi dari sang penulis…

Lewat tulisan ini, gw akan coba bahas beberapa Detektif swasta yang gw tau… Cheek This Out…


Sherlock Holmes (Inggris)







Hampir semua pecinta misteri di dunia ini mengenal nama Sherlock Holmes. Yup… detektif nyentrik rekaan dari seorang penulis handal bernama Sir Arthur Conan Doyle. Holmes menyebut dirinya sebagai ‘Detektif Konsultan’.

Didalam novel2-nya, Holmes hampir selalu dibantu oleh rekannya yang bernama dr. John. H. Watson, yang merupakan mantan dokter militer inggris dan hampir seluruh kisah dan metode penyelidikan Holmes ditulis oleh Watson (cerita didalam novel).

Holmes bertemu Watson pada kisah “A Study in Scarlet” dan mereka tinggal serta berbagi kamar di kamar 221 B, Baker Street hingga Watson menikah.

Selain Watson, tokoh yang paling sering disebutkan dan cukup terkenal adalah Inspektur kepolisian Lestrade, Mycroft Holmes (abang-nya Sherlock), Mrs. Hudson (pemilik kamar yang disewa Holmes) dan tentunya prof. Moriarty, Kolonel Morgan serta satu2nya wanita yang ia kagumi Irene Adler.

Gaya penyelidikan yang dilakukan Holmes, sangat unik. Ia lebih menggunakan pengamatan dan pengalaman serta ilmu pengetahuan yang ia kuasai untuk membuat sebuah kesimpulan.

When You Have Eliminated the Impossible, Whatever Remains, However Improbable, Must Be the Truth”

Salah satu kata2 yang paling sering disebutkan oleh Holmes dalam penyelidikannya, yang menjadi inspirasi oleh para penulis kisah detektif didunia. Karya terhebat menurut gw adalah “Kisah Gambar Orang Menari” yang benar2 memerlukan keteraturan serta pengalaman Holmes sebagai detektif.

Holmes sangat menguasai Matrial Arts atau bertarung dengan tangan kosong, namun ada kejelekan dari sang detektif, yaitu disaat dia senggang, Holmes sering mengkonsumsi obat2an terlarang sejenis kokain atau opium, selain itu Holmes juga hampir anti-sosial, enggan bergaul dan pemalas serta suka seenaknya.

Namun diluar sifat buruknya, seorang Sherlock Holmes tetap mendapat pengakuan sebagai salah satu detektif fiksi terbaik di dunia karya dari Sir Arthur Conan Doyle. J



Hercule Poirot (Belgia)






Nah, satu lagi detektif swasta fiktif yang muncul di novel, kali ini karya seorang ratu penulis misteri bernama Agatha Christie.

Sangat berbeda 180˚ dari Sherlock Holmes yang bergaya hidup seenaknya serta metode penyelidikan yang membuat detektif harus mengikuti petunjuk kesana kemari, Poirot merupakan detektif dengan gaya necis, elegan dan terhormat serta gaya penyelidikan yang lebih melihat dari aspek psikologis kejahatan serta dengan duduk santai menggunakan sel abu2 di otaknya.

Hadir di 33 novel dan 51 cerpen dari Agatha Christie, Salah satu kasus tersulit Poirot adalah memecahkan pembunuhan yang sepintas terlihat acak namun pada kenyataan yang terjadi adalah sebaliknya, dan kasus itu diberi judul “ABC Murders”. Sekarang sering terjadi perdebatan tentang siapa detektif terbaik dunia, Sherlock Holmes ataukah Hercule Poirot??? Hehehehe…. J



Jane Marple / Miss Marple (Inggris)






Nama Miss Marple cukup popular dikalangan Maniak misteri. Tokoh rekaan dari pembuat Poirot, Agatha Christie ini adalah 1 dari 2 detektif rekaannya yang terkenal. Old lady, mempunyai rasa keingin tahu-an yang begitu besar dan nalar yang ia punya mampu membuat polisi2 profesional dibuatnya terdiam.

Koleksi Agatha Christie gw memang agak terbatas, karena cukup jauh untuk beli novel yang jarang diminati orang indo ini, bahkan satu diantara koleksi gw ada yang hilang. Tapi petualangan dan kehebatan Miss Marple yang tersohor dalam 12 novel dan 20 cerpen Agatha ini tetap membuat gw harus mengangkat 4 jempol. Salah satu kisah hebat Miss Marple yang luar biasa berjudul “Kereta 4:50 Dari Paddington” yang ngebuat gw pusing 7 keliling… ahahahahaha…. J


Kogoro Akechi (Jepang)





ARRGGHH!!!!!

Ni detektif susah cari keterangannya…. Gw harus baca yang versi bahasa inggris…!!!!

Edogawa Rampo membuat tokoh ini di tahun 1925 dan ia disebut bapak dari cerita misteri di jepang. Tokoh ini bernama Kogoro Akechi. Sifat2 Kogoro hampir mirip Holmes, dapat dimaklumi karena Edogawa begitu mengagumi Sir Arthur sang pembuat Holmes.

Ada beberapa hal dari Kogoro yang mirip dengan Holmes, yaitu sifatnya yang eksentrik, tapi sangat brilian. Ia juga membuat pasukan detektif cilik sebagai pengumpul informasi layaknya pasukan Baker Street di kisah Holmes.

Kogoro merupakan detektif yang tampan dan berbusana rapi dan juga menikah dan sang anaklah yang menjadi ketua pasukan detektif cilik, 2 hal terakhir merupakan hal yang berlawanan dengan Holmes. Aoyama Gosho merupakan pengagum dari Edogawa Rampo, hingga mengabadikan Tokoh Kogoro Akechi dalam karakter Detektif terkenal Kogoro Tidur, Kogoro Mouri. J



Ace Ventura (Amerika Serikat)






Agak sedikit berbeda dari detektif yang gw bahas sebelumnya, karena yang satu ini merupakan detektif hewan. Diciptakan oleh Jack Barnstein, Tom Shadyac dan Steve Oedekerk. Ace Ventura sendiri diperankan oleh actor jenius Jim Carrey.

Sangat eksentrik dan cenderung agak kurang waras baik dalam kehidupan ataupun dalam penyelidikan, namun Ace memiliki otak cerdas melebihi para polisi, namun kasus2 yang ditangani hanyalah permasalahan hewan, namun di film-nya kebanyakan kasus2 itu berhubungan dengan sindikat besar, dengan konyolnya Ace bertualang dan memecahkan kasus2 tersebut. J



Shinichi Kudo (Jepang)






Karakter komik rekaan Aoyama Gosho. Seorang detektif SMU kebanggaan Dari SMU Teitan. Namun sebuah kemalangan menimpa Shinichi, saat ia menguntit kawanan berbaju hitam, Gin dan Vodka (sebuah organisasi yang akan jadi musuh besar bagi Sinichi) ia kepergok dan diminumkan racun yang membuat Sinichi mengecil.

Saat ditanya Ran, dengan panik Sinichi yang mengecil menjawab namanya adalah Conan Edogawa (Diambil dari nama Sir Arthur Conan Doyle dan Edogawa Rampo). Sebenarnya banyak detektif yang muncul dalam kisah Shinichi yang tersaji dalam Manga Meitantei Conan (Komik Detektif Conan), sebut saja Heiji Hattori (anak kepala kepolisisan Osaka), Kogoro Mouri (Detektif “Bodoh” mantan polisi), Hakuba, dsb, namun diantara mereka, Shinichi mempunyai kemampuan analisa yang lebih.

Cara analisa Shinichi mengikuti gaya Holmes yang berlari kesana kemari mencari bukti, dengan pengetahuan yang luas mampu membuat kesimpulan yang cukup mengagumkan.

Banyak tokoh penting yang muncul dalam hidup Shinichi, sebut saja Ran Mouri (Putri Kogoro, wanita yg Shinichi cintai), Detektif Boys (Ayumi, Genta dan Mitsuhiko yang merupakan teman sekelas Conan, serta Ai Haibara yang mengalami nasib sama dengan Conan dan bernama asli Shiho Miyano), Kazuha, Sonoko, Eri Kisaki, Yukiko, Yusaku Kudo (novelis yang mempunyai kemampuan analisa lebih hebat dari Shinichi) dan banyak lagi…. Capek nulisin semuanya… -_-



Hajime Kindaichi (Jepang)






Seorang detektif SMU yang di buat oleh Yozaburo Kanari,Seimaru Amagi, dan Fumiya Sato. Dikisahkan Hajime merupakan cucu dari detektif hebat bernama Kosuke Kindaichi. Sifat dari Hajime adalah pemalas dan agak kurang sopan plus mesum dikit. Tidak banyak orang yang tau tentang kecerdasan Hajime, nama besar kakek-nya yang membuat ia jarang menampakkan kemampuannya itu.

Dibalik sifat negative Hajime, sebetulnya hajime memiliki IQ diatas rata2, yaitu 180. Hajime juga memiliki bakat alamiah dalam memecahkan kasus. Mempunyai tipikal pengamatan tajam serta teliti. Tanpa sibuk kesana sini, tiba2 Hajime telah dapat menguak sebuah misteri. Detektif aneh… J



Detective School Q (Jepang)






Didalam kisahnya, ada sebuah sekolah khusus untuk menjadi detektif. Nama sekolah itu adalah DDS yang merupakan singkatan dari Dan Detective School. Pendiri sekolah ini adalah Dan Morihiko, seorang detektif terkenal di Jepang. Pada awalnya Dan Morihiko adalah detektif konsultan biasa dengan dibantu oleh Satoru Renjo yang merupakan tangan kanannya.

Yang menjadi sorotan utama dalam DDS adalah Q Class yang beranggotakan Kyu Renjo (anak dengan bakat analisa luar biasa, yang ia warisi dari ayahnya Satoru Renjo), Megumi Minami (gadis abg yang mempunyai kemampuan mengingat apa yang ia lihat dalam sekejap), Kazuma Narusawa (bocah SD jenius yang mampu menciptakan program2 dan game2 untuk Pc), Kintaro Touyama (putra petinggi kepolisian Kinzaburo Touyama, memiliki insting liar dalam menganalisa dan juga jago matrial arts) dan Ryu Amakusa (anak jenius dan pendiam, serba misterius walau pada akhir cerita diketahui siapa Ryu sebenarnya).

Musuh besar dari DDS adalah meiosei yeng pemimpinnya adalah Hoshihiko Kokuo atau dikenal dengan King Hades yang juga merupakan sobat lama dari Dan Morihiko. Rumit juga… tapi yang jelas, para personel Tantei Gakuen Q sangat ahli dalam memecahkan kasus2 mereka. J

Manga ini dibuat oleh Seimaru Amagi dan Fumiya Sato (dulu ngebuat Kindaichi).



Fuhh…. Sebenarnya masih banyak tokoh detektif yang hebat, namun menurut versi gw, merekalah yang terbaik dari yang terbaik. Sebenarnya gw juga punya tokoh detektif, yang pertama “Der Sherdian” muncul di cerita gw yang gw kasi judul “Detektif Der Sherdian” dan juga detektif cilik “Ridho dan Adelle Rhycoft serta Groo” dalam komik “Kodomo-tachi to Karera no Neko”, Cuma kemampuan analisa mereka belum dapat pengakuan bahkan dari gw sendiri yang buat, hahahahaha… ntar kalo udah siiip bakal gw publikasikan. J


Sampai jumpa di ulasan gw selanjutnya… hehehe…
J

4 komentar:

  1. Aku punye cita2 jadi detektif gara2 Conan dan Kindaichi. Muahahaha. Hebat sidak nyak.

    BalasHapus
  2. kalo aq emang detektif... hohohoho..... 3:-D

    BalasHapus
  3. Jangan sombong ki sanak. Cuma jadi tukang nyare ayam tak pulang jak be. Muahahahahah

    BalasHapus
  4. tu ayam aq yg nyolong, q bakar, q makan... q nyolong agik ayam buat q kembalikan.... hahahahahahaha....

    BalasHapus